Friday, March 27, 2015

Setengah Hari Di Tokopedia Bersama Raisa

Share & Comment
Selasa, 24 Maret 2015
Assalamu'alaikum........... Raisa hadir kembali ha ha ha (^^,)~

Lebih Murah, Lebih Lengkap, Lebih Aman!

Hayo ini tagline e-commerce mana hayo???

Jawabannya : TOKOPEDIA

Alhamdulillah, Enterpreneur Trip kali ini Kampus Bisnis Umar Usman berkunjung ke Markas Besarnya salah satu E-Commerce kebanggaan Indonesia, Tokopedia. Lokasi kantornya di bilangan Kebon Jeruk deket stasiun TV Swasta yang itu tuh hehe. Dari kampus, bareng-bareng naik bis TNI kesana. Kerennnn banget kan??? Kapan lagi sauna sambil jalan-jalan? (--,)v
Setelah 1 jam lebih perjalanan, nyampe juga alhamdulillah
Begitu nyampe, gue langsung naik ke lantai 4. Wuihiiiiiii, asik banget dah kantornya! Kalo kata para 'NAKAMA', Tokopedia itu bagaikan rumah kedua mereka. Oia, 'NAKAMA' itu sebutan buat tim Tokopedia.com ya. Keliatan gak banyak ruang yang kosong dan cozy banget euy. Kemaren, acara gue dan temen-temen itu di salah satu ruangan di lantai atas. Ya kayak ruang istirahatnya para 'NAKAMA' deh soalnya sedikit luas. Di sebelah ruangan itu, ada outdoor room gitu deh terus ada meja sama bangku gitu kayak di restoran buat tempat nongkrong (gue lupa ini namanya apa ahahaha). Ada juga mainan soccer table dan masih banyak lagi. Selain itu juga ada yang menarik di lantai ini, ada box pendingin minuman yang di atasnya ada tulisan 'Kotak Kejujuran'. Jadi setiap yang mau minuman itu, dilatih jujur buat naro uang di 'Kotak Kejujuran' karena minuman itu ada harganya. Ahahaha keren banget nih. Waktu itu di Umar Usman juga ada loh, cuma sekarang belum ada lagi. InsyaAllah nanti ada lagi ya hehehe.
Tulisan di ruangan ini adalah 5 DNA yang dimiliki oleh Tokopedia
Seperti Entrepreneur Trip yang lalu-lalu nih, di awal kita ada perkenalan dan penjelasan dulu tentang sejarah dan Tokopedia. Ide pendirian Tokopedia sendiri tercetus sekitar tahun 2007, tapi baru Febuari 2009 Tokopedia didirikan. Pada tahun itu, belanja online mah masih jarang banget. Malah gue belum tau belanja itu bisa online. Ya maklum deh kan waktu itu masih mainan friendster mulu ahahaha. Dasarnya itu mereka punya impian besar mau Membangun Indonesia Lewat Internet. Mereka selalu optimis kalo Tokopedia ini bakal jadi perusahaan besar. Dulu nih di awal-awal, sang Founder dan Co-founder Tokopedia ini membangun Tokopedia di tempat yang beda dengan 2 karyawan. Ada yang di tempat A, B, C, sama D dengan job desk yang beda-beda. Emang sih kerjanya online tapi kan lucu aja ahahahaha.

Suasana Di Dalam Ruangan


Suasana Di Dalam Ruangan. Jangan fokus ke gue yeazccch ~
Dan di tahun 2014 kemaren, bukan rahasia umum lagi lah yaaa kalo Tokopedia itu dapet suntikan dana sebesar USD 100 juta atau 1.2 T rupiah. Ini salah satu investasi terbesar nih buat start up Indonesia. Emang keren ya tapi gue liat dari prosesnya dulu. Waktu itu sekitar 2 tahun lalu gue pernah buka dan udah tau Tokopedia. Sekarang banyak banget yang beda, banyak banget yang berubah semakin inovatif dan enak serta nyaman digunain. Karyawan yang tadinya 2 jadi tambah banyak. Prosesnya pasti lika-liku banget dan mereka berhasil lewatin itu. Salut sama perjuangannya!

Konon katanya, Mr.Wiliam Tanuwijaya sama Mr Leon sempet nyari investor buat Tokopedia tapi ditolak di awal-awal tahun berdiri Tokopedia. Walaupun di tolak, gak ngebuat mereka mundur tetep kerja keras yang akhirnya mendapatkan investor di tiap tahunnya. Sesuai dengan tagline nya, mereka membuat Tokopedia ini lebih lengkap dengan memasukkan banyak kategori di Tokopedia. Contohnya aja tuh saat kita ketik plastik di kolom search Tokopedia, muncul banyak toko yang jual plastik. Ya ibaratnya nyari barang apa aja di Tokopedia ada, asal jangan cari mantan ajah *eh (--,)v Tokopedia lebih aman, terbukti dengan adanya rekber atau rekening bersama. Jadi kita insyaAllah bisa bebas penipuan karena pembayaran kita baru diterusin sama pihak Tokopedia kalo misalnya barang yang kita beli udah kita terima dengan benar. Yang terakhir itu lebih murah, kalo gue sering belanja di sini karena yang jualan di sini banyak supliernya si jadi lebih murah. Udah gue buktiin sendiri hehehehehh Sudah cek Tokopedia belum? eheheheheh
Setelah penjelasan, Mahasiswa Umar Usman berkesempatan untuk Tour ke kantor Tokopedia
Penjelasan Dari Salah Satu Divisi Tokopedia
Penjelasan Dari Salah Satu Divisi PR and Event
Penjelasan Dari Divisi SEO dan SEM
Visit Tokopedia ini asli seru banget. Di awal aja, kita udah diajak main games. Yang pertama itu fish bowl. Jadi di dalam bowl itu ada beberapa kertas yang berisi beberapa pernyataan dan tantangan. Kita boleh ambil salah satu dan jawab serta jelasin alesannya. 3 temen gue, udah pilih dan kertas itu isinya pertanyaan. Tapi anak cowoknya gombal beut masa pertanyaan 'naik pesawat terbang atau helikopter?' dia jawab, 'apa aja yang penting sama kamu (nunjuk ke Nakama cewek)' apa banget coba -_- Ya karena gue tau pertanyaan nya pasti itu itu doang, alhasil gue mau ikutan maju dan pilih satu. Haaha tapi gatau kenapa gue gak ngerti itu tulisannya apa -_- Akhirnya yaudah gue pilih ganti. Berharap ke ganti sama yang lebih baik. Yaaaaak ternyata benar. Kertas yang gue pilih emang lebih baik tulisannya tapi ENGGAK DENGAN ISINYAAAAAAAA. Isi pesan di kertas itu tuh ya 'Pasang Muka Terjelekmu' !!!!! Ahhhh gilaaaak......... spontan itu temen-temen pada teriak 'Udah... Udah.... Udah Git... Udah jeleeek!' Gue mau marah gimana mau senyum gimana ya udahlah ketawa aja lagian itu kertas juga bener kokkkk :(
Ini saat gue dapet kertas di fish bowl. Jadi mau ngakak terus :(
Pokoknya Visit Tokopedia kali ini, banyak banget pembelajaran baru deh buat gue pribadi. Gue makin semangat nih buat impian gue jadi nyata dan yang jelas harus ada tindakan tindakan nyata juga. Liat dari Tokopedia, kita harus tetep rendah hati dan konsisten. Pokoknya gak ada kerja keras yang sia-sia, Asal masih on the track dan tetep harus terus berjuang buat mencapai impian besar kita terwujud. Impian besar bisa dimulai dari langkah-langkah kecil. Ahay bangetttt ketauan banget ye anak seminar hehehe. Allah sama kita.... Keep F!GHT Git! Bismillah and thank you Tokopedia!

Selfie Time


Tags: ,

Written by

Bukan ahli, bukan pakar, Anak Manis ajah. Bukan jurnalis, bukan penulis, anak manis ajah (--,)/

0 comments:

Post a Comment

 

Popular Content

Recent Posts

Who is Gita Sudjoko?

Copyright © Gita Sudjoko | Design Edited by Gita Sudjoko