Saturday, March 28, 2015

Penting Gak Sih Perencanaan Tata Letak Dalam Bisnis?

Share & Comment
Perencanaan Tata Letak Dalam Bisnis
Penting gak sih Perencanaan Tata Letak Dalam Bisnis? Wessss dari judulnya aja udah gaya banget ye ahahahaha. Tenang, ini bukan gue sok sok jadi peneliti atau penganalisa tapi ini bahasan atau topik yang pernah di bahas di kelas gue, kelas Manajemen Produksi Kampus Bisnis Umar Usman hehe. Mau meneruskan aja nih ^^

Dr Ahmad Andriansyah ST MSi, ini nama dosen tamu gue. Ini salah satu dosen yang suka bagi-bagi pengalamannya. Demen banget dah gue kalo kayak gini. Kadang, suka gue catet biar gue terus inget. Pas beliau sebutin topik ini, awalnya gue bingung banget. Ini bahasan apa coba. Ya kan secara gue taunya Tata Boga sama Tata Busana doang :(

Sebelum mr Andri mulai penjelasan, beliau kasih unjuk satu video dulu. Video berdurasi sekitar 7 menit tentang perusahaan Toyota. Tonton dulu ya..


Kalo kita liat video di atas dari awal, pasti kita tau itu pastinya pabrik. Video di atas itu tentang satu kegiatan pekerjaan di pabrik Toyota. Di video itu, kita bisa liat nih gimana gampangnya mengerjakan/menghasilkan suatu barang di pabrik Toyota. Kenapa gampang? Karena semuanya udah tersistem atau udah berurutan dari tahapan awal sampe tahapan akhir. Perusahaan Toyota itu punya TPS atau Toyota Production System. Jadi sistem produksi yang udah diatur buat mempermudah tahapnya produksi suatu produk. Ini salah satu keunggulan dari Toyota dibanding perusahan lain. Ini juga yang membuat HPP Toyota lebih terjangkau. Trus apa sih nyambungnya video di atas samia Tata Letak? Ohe jadi Tata Letak itu yang lebih gampangnya adalah penataan/peletakkan suatu barang/benda yang bisa memudahkan sistem pekerjaan. Gue pahamnya si gitu. Di video ini, gue bisa liat kalo misalnya proses untuk menghasilkan suatu benda itu harus diletakkin berdekatan supaya lebih mudah dan praktis ngerjainnya. Kalo masih bingung gini deh, misal nih kamu beli bakso satu mangkok. Nah si abangnya pasti naro mangkok, garam, seledri, bawang goreng berurutan dan deket deketan kan sama panci baksonya? Gue belom liat yang namanya mangkok jauh-jauhan sama garam, seledri sama panci baksonya. Hal ini nih yang dimaksut Tata Letak.

Tata Letak bisa terkait juga dengan banyak hal misalnya budaya dan marketing. Tata Letak terkait dengan budaya contohnya di Jepang, tempat duduk di restoran yang ada di Jepang satu-satu karena menyesuaikan budaya di Jepang karena biasanya orang Jepang itu ke restoran cuma buat makan abis itu udah pulang atau pergi bukan kayak gue yang ke restoran buat wifi-an, udah gitu pesen makanan cuma satu lagi trus seharian :( Tapi bukan gue doang kali ya, kamu juga. Cie cie. Kenapa betah lama-lama di restoran? Karena di Indonesia itu biasanya orang-orang suka ngumpul, ngobrol-ngobrol gitu di restoran. Makanya, di tatalah senyaman mungkin. Begitu. Sedangkan tata letak menurut marketing itu contohnya harga sewa kantor di satu gedung bisa beda-beda. Kenapa? Bisa jadi karena fasilitasnya, muatannya, luasnya atau bahkan kemudahan di akses banyak orang. Jadi sering nemuin kan sewa kantor di lantai dasar sama lantai paling atas beda-beda?

Selain itu, ada beberapa prinsip dalam tata letak ruangan yaitu :
- Alur layout bisa berdasarkan proses/produk. Misalnya kayak tukang bakso tadi yang ngeletakkin barang-barangnya deket-deketan.
- Yang berbahaya letakkan di tempat aman. Misalnya gas elpigi taro di tempat yang aman, jauh dari jangkauan anak.
- Perhitungkan tempat kerja sumber asap. Pada umumnya restoran yang open kitchen sangat memperhatikan arah angin. Biasanya asapnya lari ke luar resto atau ke tempat yang gak ditempatin sama konsumennya.
- Perhitungkan suara/bising. Nah ini bisa kita temuin di tempat karaoke. Ya coba aja kalo misalnya tempat karaoke gak dikasih sekat/peredam suara di setiap ruangan. Pasti berisik banget dah. Misalnya kita bayangin gak ada peredam suara nih. Di ruangan A nyanyi dangdut, trus di ruangan B nyanyi jazz, trus di ruangan C nyanyi rock. Yakin gue nyanyinya bentar, yang lama tawurannya :(

Kurang lebih yang dibahas mr Andri begitulah tentang Tata Letak. Menurut gue, Tata Letak penting karena bisa mempengaruhi proses bisnis. Oia, abis itu selain bahas tentang 'Tata Letak" beliau juga bahas tentang banyak hal nih. Salah satunya kata mr Andri, "Jangan asal-asalan buat berbisnis, carilah keberkahannya, jangan kekayaannya. Buat apa cari kekayaan kalo gak berkah dan gak halal. Allah SWT gak bakalan ridha. Carilah keberkahannya, karena kekayaan akan ngikutin sendiri seizin-Nya." Ini jleb banget coy. Omongan mr Andri biasa cuma nusuk banget nih. 

Terkadang, gue suka denger omongan orang yang mungkin menurut dia biasa aja tapi maknanya dalem banget buat gue pribadi. Ahay!

Ohe, sekian postingan gue kali ini. Sampe ketemu lagi di postingan berikutnya. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian yang kita hadapi. *eaaaaa | Oia, kalo ada yang salah-salah kata, maklum aja ya bukan penulis, bukan jurnalis, cuma anak manis (,^^)~ 

Salam manis (--,)/

Gita Sudjoko 
 Twitter
 Facebook Gita
 Instagram GitJun
 Google+ Gita






Tags: ,

Written by

Bukan ahli, bukan pakar, Anak Manis ajah. Bukan jurnalis, bukan penulis, anak manis ajah (--,)/

0 comments:

Post a Comment

 

Popular Content

Recent Posts

Who is Gita Sudjoko?

Copyright © Gita Sudjoko | Design Edited by Gita Sudjoko